Senin, 18 Juli 2022

Dampak Kecanduan gadget pada kesehatan mental

Dewasa ini kebutuhan akan gadeget sudah menjadi kebutuhan pokkok setiap orang. Dengan adanya gadget, banyak kegiatan sehari hari yang menjadi lebih mudah, mulai dari membantu bekerja, belajar, berbelanja, atau sekadar mencari hiburan. Namun dibalik semua kemudahan yang dibawa gadget dalam kehidupan sehari-hari, tidak terlepas pula dari efek negatif yang dibawa seperti kecanduan. Kabar buruknya, kecanduan gadget juga dapat menimbulkan efek samping pada kesehatan mental. Berikut berapa dampak pada kesehatan mental yang ditimbulkan akibat kecanduan gadget :

Dampak Kecanduan gadget pada kesehatan mental

Dampak Kecanduan gadget pada kesehatan mental


a. Pengaruh terhadap Dopamine
Dopamine adalah hormon / neurotransmitter yang bertanggungjawab atas perasaan bahagia, keinginan, ambisi, dan kecanduan. Dalam suatu studi terhadap para pengguna media sosial ditemukan adanya siklus dopamine yang muncul seperti yang didapati pada orang yang kecanduan alkohol, rokok dan narkoba.

b. Kecemasan
Dalam suatu eksperimen oleh Cheever dkk terhadap dua kelompok partisipan di tahun 2014, ditemukan bahwa pada kelompok yang diijinkan memegang gadget namun harus dalam kondisi mati dan kelompok lainnya yang tidak diijinkan memegang gadget atau smartphone apa pun, sama-sama muncul kecemasan. Kecemasan yang muncul pada kelompok terakhir itu disebut sebagai FOMO.

c. Depresi
Sejumlah riset mendapatkan hasil bahwa orang yang menghabiskan waktu lebih banyak pada media sosial mengalami tingkat depresi lebih tinggi dibandingkan mereka yang lebih sedikit. Yang lebih mengerikan lagi, ditemukan bahwa meningkatnya angka bunuh diri di kalangan remaja kelihatannya berkorelasi dengan meningkatnya penggunaan ponsel/smartphone antara tahun 2007 – 2015.

Nah, itu tadi efek negatif yang bisa ditimbulkan gadget untuk kesehatan mental kita bila digunakan secara berlebihan. Sudah seharusnya kita lebih bijaksana lagi dalam penggunaan gadget di kehidupan kita sehari-hari.