Sabtu, 30 Juli 2022

Cara Tepat Memberikan Nama Bayi Menurut Islam

Nama merupakan sebuah doa yang disematkan oleh orang tua kepada buah hatinya.  Oleh karena itu, sebagai orang tua jangan sampai sembarangan mencari nama bayi yang memiliki arti yang bagus.

Nama anak adalah sebuah doa sepanjang hidupnya. Tentu saja, sebagai orang tua harus memberikan nama yang baik. Selain itu, ketahui juga cara memberikan nama yang baik untuk anak.

Cara Tepat Memberikan Nama Bayi Menurut Islam

Cara Tepat Memberikan Nama Bayi Menurut Islam


Cara Memberikan Nama Bayi Menurut Islam
Dalam artikel parenting, memberikan nama anak harus sesuai dengan syariat Islam dan anjuran dari Rasulullah SAW. Berikut cara yang tepat dalam memberikan nama untuk anak yang baik dan sesuai dengan Islam.

Pemberian Nama Anak menjadi Hak Ayah
Tanggung jawab sebagai ayah sangat besar. Salah satu tanggung jawabnya adalah memberikan nama untuk buah hatinya. Peran seorang ayah juga sangat penting dalam sebuah keluarga. Oleh karena itu, ketahui cara mencari nama-nama anak yang baik dan bagus.

Memperhatikan Waktu Tepat ketika Pemberian Nama
Ada tiga waktu yang tepat dalam pemberian nama bayi. Yaitu setelah lahir, setelah hari ketiga kelahiran, dan hari ketujuh kelahiran. Namun, alangkah baiknya mengikuti sunah Rasulullah, yaitu setelah kelahirannya anak tersebut.

Memberikan Nama Anak dengan Nama yang Baik
Sebuah nama adalah harapan dan doa untuk buah hati. Jadi, sebagai orang tua harus mengetahui cara yang baik ketika memberikan nama anak.

Nama yang baik bisa diambil dari nama-nama nabi dan rasul. Bisa juga diambil dari nama asmaul husna atau nama-nama Allah. Sehingga nantinya bisa mendekatkan diri dengan Allah.

Selain nama-nama tersebut, orang tua juga bisa mengambil dari tokoh-tokoh pejuang agama Islam atau sahabat nabi.

Menghindari Nama yang Dibenci Allah
Cara selanjutnya dalam pemberian nama anak adalah menghindari nama yang dibenci oleh Allah SWT. Seperti nama-nama dewa, matahari, berhala, atau nama yang dipuja sesuatu.

Selain itu, hukumnya makruh ketika memberikan nama kepada anak yang bisa menimbulkan perselisihan antar saudara. Atau memberikan nama yang memiliki arti buruk atau bisa menjadi bahan olok-olokan.

Memakai Nama Nabi atau Rasul
Memakai nama-nama nabi dan rasul untuk buah hati memiliki arti yang baik dan bagus. Bahkan ada beberapa nama yang sering dipakai oleh sebagian besar orang tua, seperti Muhammad, Abdullah, dan Abdurrahman.

Jangan Memakai Nama yang Mengandung Arti Buruk
Prinsip pemberian nama anak menurut ajaran Islam adalah yang berisi harapan dan doa. Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu arti dari nama tersebut. Jangan sampai memberikan nama dengan arti yang buruk, yang bisa mengarahkan orang atau perilaku yang tidak baik.

Oleh karena itu, carilah nama yang berasal atau terinspirasi dari tokoh Islam, orang terpuji, dan shaleh. Karena Allah lebih menyukainya. Tentu saja juga sebagai harapan buah hati akan bisa meniru perilaku orang-orang tersebut.

Itulah beberapa cara tepat ketika memberikan nama bayi. Memberikan nama yang baik adalah kewajiban setiap orang tua untuk anaknya. Karena nama tersebut bisa menjadi doa sepanjang anak tersebut hidup.