Kamis, 19 Mei 2022

Jenis - Jenis Call Center Dan Fungsinya

Call center adalah sebuah penghubung yang memiliki tanggung jawab untuk komunikasi pada suatu perusahaan. Biasanya operasional dari pusat panggilan atau call center ini bervariasi tegantung dari struktur perusahaan. Saat ini sudah banyak sekali cara meningkatkan keefektifan pusat panggilan seperti penggunaan software call center untuk mempermudah komunikasi.

Jenis - Jenis Call Center Dan Fungsinya

Apa Itu Call Center?

Call Center adalah sebuah tugas yang bertanggung jawab menangani segala jenis komunikasi dan layanan pelanggan lainnya. Tugas dan kewajiban utamanya termasuk menjawab telepon, chat, dan pertanyaan yang masuk melalui berbgai channel komunikasi. Di Indonesia, call center juga bisa berbentuk sebuah perusahaan yang menawarkan layanan khusus untuk komunikasi ini. Walaupun begitu, pada dasarnya call center merupakan sebuah struktur yang tidak terlepaskan dari setiap bisnis baik untuk perusahaan besar ataupun kecil dan menengah.


Apa Fungsi dan Tujuan Call Center?

Tujuan dan fungsi utama dari Call Center adalah membantu operasional sebuah perusahaan agar berjalan lebih efektif dan efisien. Sebuah perusahaan, terutama yang memberikan layanan jasa membutuhkan call center untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan. Beberapa kewajiban dan fungsinya meliputi.

     Melakukan panggilan telepon secara langsung kepada customer dan pelanggan.

     Menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh pelnggan.

     Call Center juga bisa menawarkan support baik secara technical atau customer support secara umum.

     Memenuhi kebutuhan yang mendesak dan menyalurkan ke bagian atau divisi lain dalam sebuah perusahaan.

     Bisa digunakan untuk melakukan market research, yang bisa diintegrasikan dengan berbagai kebutuhan perusahaan.

 

Jenis - Jenis Call Center

Ada beberapa jenis call center berdasarkan dari layanan dan tugas yang mereka miliki. Berikut ini adalah beberapa jenis Call Center secara umum. Kurang lebih ada 6 kategori dari call center yang perlu diperhatikan.


Inbound Call Center

Inbound Call Center adalah sebuah tugas yang dilakukan untuk menerima panggilan masuk ke sebuah perusahaan. Biasanya, tugas dari inbound officer ini adalah menangani customer yang sudah membeli atau akan membeli produk atau layanan Anda. Tugas - tugasnya juga meliputi pemrosesan order, menawarkan support help desk, menyambungkan panggilan ke bagian tertentu, dan sebagainya.


Outbound Call Center

Sebaliknya ada yang disebut sebagai Outbound Call Center dengan tugas utama adalah melakukan panggilan keluar. Biasanya tugasnya melingkupi penjualan atau penawaran kepada customer yang memiliki potensi untuk pembelian, dan juga melebarkan pengenalan produk ke pelanggan atau customer baru.


Automated Call Center

Ada sebuah teknologi yang memanfaatkan sebuah software untuk memenuhi tugas Call Center. Automated Call Center biasanya merupakan salah satu solusi untuk perusahaan menengah dan kecil karena bisa menghandle tugas - tugas dari Call Center secara otomatis. Beberapa tugasnya meliputi pengaturan voicemail, membantu customer menemukan informasi tambahan, dan juga voice responder otomatis.


Multichannel Call Center

Meskipun di jaman sekarang panggilan telepon masih sangat penting untuk sebuah bisnis, namun tidak bisa dipungkiri bahwa bentuk komunikasi lain juga berkembang dengan pesat. Banyak pusat panggilan dan bantuan memperluas penawaran komunikasi lainnya termasuk faks, email, chat dan sebagainya.


Omnichannel Call Center

Mirip prinsipnya dengan Mutlichannel, Omnichannel Call Center juga menawarkan berbagai jalur komunikasi namun lebih terintegrasi dengan koordinasi yang lebih baik.


Virtual Call Center

Beberapa layanan juga menyediakan fasilitas virtual call center dimana layanan ini memiliki konsep pekerjaan yang bekerja secara remote.


Kesimpulan

Call Center merupakan sebuah bagian penting dari sebuah bisnis terutama untuk bisnis yang memiliki layanan jasa atau produk yang berkembang dengan pesat. Bahkan beberapa contoh bisnis seperti digital agency jakarta, menggunakan call center sebagai layanan utama mereka. Berbagai digital agency biasanya memberikan berbagai informasi seputar produk menggunakan telepon, dan channel komunikasi lainnya. Dengan support center yang baik tentunya akan jasa mereka akan bisa lebih baik dari kompetitor mereka.